Tuesday, April 10, 2007

Ramos dan Lasama Bersaing

From: Abel Pires da Silva
To: renetil@yahoogroups .com ; etsa@yahoogroups. com
Sent: Tuesday, April 10, 2007 10:41 AM
Subject: [ETSA] KCM: Ramos dan Lasama Bersaing


Ramos dan Lasama Bersaing
http://kompas. com/
DILI, SELASA--Total suara yang telah selesai dihitung di tingkat distrik dalam pemilu presdien Timor Leste baru mencapai 20 persen dari total distrik yang ada. Dan sampai pukul 16.30 waktu setempat, Jose Ramos Horta dan Dr Fernando Lasamma da Araujo menempati dua posisi teratas.
Juru bicara Commisao Nacional de Eleicoes, Martinho da Silva Gusmao, di kantornya di Dili, Selasa, menyatakan, "Banyak area yang belum bisa diliput jangkauan telekomunikasi karena keterbatasan peralatan. Bahkan ada beberapa distrik yang belum bisa dihitung karena operator komputer salah password."
Horta dan Lasamma banyak unggul di berbagai distrik yang hasil perhitungannya masih sementara. Dalam pemilu kali ini, terdapat delapan kandidat presiden yang bertarung memperebutkan posisi kepala negara.
Mereka adalah Horta, Lasamma, Dr Joao Viegas Carrascalao, Dra Lucia Maria BF Lobato, Dr Aveillo Mona da Silva, Fransisco Gutererres Lu-Olo, dan Dr Manuel Tilman.
Secara umum, Gusmao mengungkapkan, di Distrik Aileu, Amaral meraih 11.743 suara, di susul Horta (1.586), dan Lasamma (1.869). Di Distrik Ainaro yang memiliki 34 TPS dan 14 di antaranya belum selesai dihitung, Lasamma meraih posisi pertama, disusul Horta, dan ketiga Amaral.
Di Distrik Baucau dengan populasi penduduk kedua setelah Dili, hasil penghitungan justru belum bisa diketahui karena berita yang diterima, penghitungan itu baru bisa dilakukan pada pukul 24.00 waktu setempat hari ini. Di distrik itu, hambatan cuaca dan komunikasi menjadi masalah utama yang hingga kini belum terpecahkan.
Di Distrik Telikai (Viqueque?), Lu-Olo mampu merebut hati para pemilih dan kandidat-kandidat lain tidak mampu menyaingi tokoh politik berusia lanjut itu. Sementara di subdistrik Laga, Distrik Dili, Horta tidak ada saingannya satu pun dan melejit sendirian di atas para pesaingnya.
"Distrik Dili dengan 55 TPS Horta meraih 13.893 suara, Lasamma 5.357, dan Amaral 5.000 suara. Disttrik ini memiliki populasi pemilih sekitar 20 persen dari seluruh populasi pemilih yang terdaftar," kata Gusmao. Di
Distrik Ermera yang menyisakan delapan TPS untuk dihitung, Araujo dan Horta menjadi dua terbesar dengan selisih suara dangat tipis.
Sementara di Distrik Liquisa, Horta mengungguli yang lain diikuti Lobato --satu-satunya perempuan kandidat-- dan Lasamma. "Penghitungan di Distrik Manufahi juga belum bisa dilakukan karena salah password komputer yang dilakukan operatornya. Mohon dimaklumi," kata da Silva Gusmao.

Di Distrik Manufahi, angka penghitungan baru masuk pukul 16.00 waktu setempat dengan hasil Horta meraih 4.447 suara, Lu-Olo (1.806), 1.704 Lasamma, 1.612 untuk Xavier, 478 suara bagi Carrasacalao, 491 untuk da Silva, dan 278 bagi Tilman.
Distrik Manatuto merupakan salah satu distrik yang tidak bisa dijangkau jaringan komunikasi tetap dan bergerak sehingga dari 25 TPS yang ada, masih tersisa lima TPS yang belum bisa diketahui hasil penghitungan suaranya. (ANTARA/AWE)

No comments: